Fendiaw’s Blog


Kamus : Desain Grafis
September 19, 2008, 5:27 am
Filed under: Kamus

pernahkan bertanya.. apa itu “Desain Grafis”?
setiap orang yg berlatar belakang pendidikan desainer atau komunikasi visual pasti sangat memahami pengertian tersebut hingga diimplementasikan dalam aktifitas kesehariannya dalam dunia grafis…. tapi mungkin.. orang-orang semacam saya yg hanya sekedar hobby dan mempelajari dunia grafis secara otodidak… mungkin ada perlunya kali ya ? …🙂

Desain grafis

-> Komunikasi Visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desaigner Grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.

Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)

Prinsip & Unsur

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Tools ?
Perkembangan software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang cukup populer digunakan antara lain :
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Illustrator
3. Adobe After Effect
4. AutoCad
5. Maya
6. CorelDraw .
7. Macromedia Free Hand

terkadang beberapa desainer menguasai atau “menyukai” beberapa tool saja… seperti saya… beberapa kali mencoba untuk mempelajari freehand, ilustrator, atau Corel Paint… hehe.. tapi tetep aja.. saya lebih nyaman mengunakan Corel Draw & Adobe Photoshop… sedangkan untuk tool lainnya cukup sekedar “kenal” saja.. setidaknya saya tau meng-convert ke format Corel / Photoshop (biasanya saya harus menyesuaikan dengan source milik client, teman, atau beberapa sumber di internet)

Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri tetapi lebih cendrung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam menuangkan ke dalam gambar tersebut… yup setuju … bahkan saya sangat setuju kala membaca iklan di sebuah majalah grafis di Indonesia, yg kurang lebih mengatakan : karya = 1% bakat & 99% kerja keras… setujukah anda ?

sumber website wikipedia fendi.a.widhiatmoko@gmail.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: